Senin, 13 Desember 2010

Symantec: Serangan Hacker Pendukung WikiLeaks Biasa


Jakarta - Sebagai bentuk dukungan terhadap WikiLeaks, sekelompok hacker yang mengatasnamakan Anonymous telah menghantam sejumlah situs dengan mengirim serangan denial of service terdistribusi. Namun menurut Symantec, ini bukan serangan khusus yang kompleks alias biasa.

Symantec Security Response mendeksripsikan denial of service sebagai serangan yang pelakunya berupaya untuk membuat sumber daya komputer atau lokasi dalam sebuah jaringan tidak dapat diakses pengguna lain, sehingga mengganggu layanan.

Serangan denial of service, seperti yang dilancarkan terhadap MasterCard dan Visa, memanfaatkan jaringan komputer yang terdistribusi seringkali dalam bentuk botnet untuk melakukan serangan-serangan tersebut.

"Pada saat ini Symantec Security Response tidak melihat bukti adanya botnet dalam jumlah besar yang digunakan dalam serangan tersebut," tukasnya, dalam keterangannya, Senin (13/12/2010).

Menurut Symantec, toolkit serangan gratis telah tersedia di internet dan serangan ini tampaknya berasal dari salah satu tool kit serangan. Secara spesifik, Symantec yakin serangan-serangan ini dikirim dari sebuah toolkit yang dikenal sebagai LOIC (Low Orbit Ion Cannon).

"Ini bukanlah serangan khusus yang kompleks. Meski demikian, serangan tersebut merupakan tantangan bagi organisasi/perusahaan yang menjadi sasaran," pungkas perusahaan sekuriti tersebut.
( ash / fyk )

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/12/13/160946/1523463/398/symantec-serangan-hacker-pendukung-wikileaks-biasa/?i991102105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar